Bikin Jantung Sehat dengan Makan Bawang Putih Mentah


Para peneliti baru-baru ini mengumumkan bahwa bawang putih segar bisa melindungi jantung. Membiasakan konsumsi bawang putih segar bisa menghindarkan Anda dari kunjungan dokter akibat kena penyakit jantung.

Sejak dulu, bawang putih memang banyak dimanfaatkan oleh para ahli obat di seluruh belahan dunia. Di China dan India, bawang putih digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah.


Hippocrates, bapak pengobatan moderen pun menggunakannya untuk mengatasi kanker serviks (kanker leher rahim). Louis Paster menjadikannya sebagai antibakteri dan antijamur, sedangkan Albert Schweitzer dari Afrika memanfaatkannya sebagai obat disentri.

Kini, para tim peneliti dari Cardiovascular Research Center at the University of Connecticut School of Medicine pun berhasil mempelajari khasiat bawang putih untuk jantung.

"Bawang putih yang masih segar mengandung hidrogen sulfida. Meskipun gas ini dalam jumlah berlebih bisa menjadi racun, namun dalam jumlah kecil berfungsi sebagai bahan pelindung intraseluler dalam jantung," ujar Dipak K. Das, PhD, ScD seperti dikutip dari Health, Kamis (3/9/2009).

Karena gas hidrogen sulfida berumur sangat pendek, maka ia akan hilang saat proses pengolahan, pengeringan atau pemasakan. Bawang putih memang memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, tapi efek itu akan hilang seiring dengan proses-proses tersebut.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry itu meneliti dua grup tikus yang dijadikan sebagai bahan percobaan dan menemukan perbedaan signifikan antara tikus yang mengonsumsi bawang putih segar dan yang dikeringkan.

"Serangan jantung dipicu karena rendahnya suplai oksigen ke tubuh. Bawang putih yang masih segar ternyata lebih baik dalam mengurangi kerusakan akibat rendahnya suplai oksigen tersebut ketimbang bawang yang sudah dikeringkan," ujar Das.

"Bawang putih segar juga menghasilkan darah yang lebih bersih di dalam pembuluh darah aorta," lanjut Das.

Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat, tidak ada salahnya mencoba. Menurut herbalis David Winston dan Merrily A. Kuhn, RN, PhD dari Herbal Therapy & Supplements, cara enak mengonsumsi bawang putih segar adalah dengan mengirisnya satu butir, biarkan 10 menit dan campur dengan yogurt, madu atau bahan lainnya. Jika Anda khawatir bau mulut, cobalah kunyah daun peterseli untuk menghilangkan aromanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: