Kunci Pernikahan yang Bahagia: Bercinta Cukup 1 Kali Seminggu


Semakin bercinta, maka semakin bahagia juga kehidupan pernikahan pasangan suami istri. Anggapan itu yang seringkali muncul ketika timbul pertanyaan berapa frekuensi bercinta yang ideal.

Ternyata menurut studi terbaru, Anda tidak harus bercinta setiap hari atau sesering mungkin untuk mendapatkan kebahagiaan dalam pernikahan. Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menunjukkan bahwa bercinta satu minggu sekali dan satu minggu empat kali sama-sama dapat membuat pasangan bahagia.

Studi dilakukan dengan melibatkan lebih dari 30 ribu pasangan di Amerika Serikat, dalam kurun waktu 40 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa level kebahagiaan meningkat di antara pasangan yang berhubungan seks satu kali seminggu. Namun tidak terlihat adanya peningkatan kepuasan seksual.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa menjaga keintiman antara pasangan itu penting, tapi bukan berarti Anda harus bercinta setiap hari selama keduanya tetap mau menjaga kedekatan hubungan tersebut," ujar Amy Muise, ketua penelitian dari University Toronto-Mississauga, seperti dikutip dari Daily Mail.

Survei yang dilakukan University of Chicago terhadap 11.285 pria dan 14.225 wanita juga menunjukkan bahwa pasangan dengan kehidupan pernikahan langgeng dan harmonis rata-rata berhubungan seks satu kali seminggu. Menariknya, kepuasan seks tidak tergantung dari umur, gender dan lamanya usia pernikahan.

Dua studi tersebut mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan di Carnegie Melon University. Hasil studi mengungkapkan bahwa seks bukan soal kuantitas, melainkan kualitas. Lebih sering bercinta justru berpotensi membuat pasangan kurang spontan, kurang romantis dan hasrat seksualnya menurun.

Bahkan pada beberapa pasangan yang menambah frekuensi bercintanya, ada sedikit penurunan pada tingkat kebahagiaan mereka. Lebih lanjut lagi peneliti juga menemukan pasangan yang lebih sering bercinta justru gairah seksualnya berkurang, mereka juga tidak lagi menikmati aktivitas seks seintens sebelumnya.

"Ketimbang fokus menambah frekuensi bercinta, akan lebih baik jika pasangan lebih memerhatikan untuk menciptakan lingkungan yang bisa meletupkan kembali gairah bercinta dan membuat seks yang mereka lakukan lebih menyenangkan," kata Tamar Krishnamurti, salah satu peneliti yang merancang penelitian.


Sumber : Detik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: