Wujudkan Resolusi Sehat 2012 dengan Lebih Rajin Bercinta


Sebelum melewati malam pergantian tahun, hampir semua orang sudah punya resolusi untuk hidup lebih sehat. Banyak cara sulit untuk mewujudkannya, namun ada juga cara mudah dan menyenangkan yakni dengan lebih sering berhubungan seks.

Bagi yang sudah berpasangan, hubungan seks punya banyak manfaat bagi kesehatan. Meski tidak benar-benar menggantikan gaya hidup sehat lainnya, aktivitas ini setidaknya bisa membantu mewujudkan tujuan utama dari berbagai resolusi tahun baru yakni agar hidup makin sehat.

Contoh resolusi yang akan lebih mudah diwujudkan dengan berhubungan seks adalah menurunkan berat badan. Dibandingkan hanya berolahraga dan menjalankan diet saja, jumlah kalori yang terbakar akan meningkat rata-rata 85 kalori ketika seseorang melakukan hubungan seks selama 30 menit/hari.

Hubungan seks secara rutin juga bermanfaat bagi yang ingin mengurangi konsumsi obat pereda nyeri di tahun 2012. Untuk nyeri dengan intensitas ringan seperti sakit kepala dan pegal-pegal, hubungan seks bisa melepaskan hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami di dalam tubuh manusia.

Resolusi sehat untuk menghindari kanker juga tidak cukup hanya mengandalkan konsumsi serat dan antioksidan. Tanpa meninggalkan sayur dan buah-buahan yang memiliki kandungan antikanker, hubungan seks secara teratur akan membuat resolusi tersebut lebih mudah diwujudkan.

Penelitian membuktikan, laki-laki yang sering berhubungan seks lebih aman dari kanker prostat dibandingkan yang jarang melakukannya. Penelitian yang dilakukan terhadap 20.000 responden ini menunjukkan, hubungan seks 1 kali dalam 1 minggu bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga 30 persen.

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah tinggi dan risiko serangan jantung, tidak ada salahnya meningkatkan frekuensi berhubungan seks sebagai penunjang resolusi untuk mengurangi asupan garam. Hubungan seks bisa menurunkan tekanan darah rata-rata, meski saat orgasme terjadi peningkatan tekanan darah untuk sesaat.

Demikian juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai risiko penyakit menular, termasuk flu dan infeksi bakteri. Dikutip dari Empowher, Minggu (1/1/2012), seseorang yang rajin berhubungan seks cenderung memiliki lebih banyak Imunoglobulin A (Ig-A) yang merupakan komponen sistem imun.
http://www.detikhealth.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: